3 Cara Mengatasi Flashdisk I/O Device Error di Windows

Cara Mengatasi Flashdisk I/O Device Error di Windows 10/8/7 - flashdisk the request could not be performed because of an i/o device error merupakan sebuah pesan yang muncul akibat karena terjadinya kesalahan pada perangkat Input/Output. Anda mungkin juga melihat pesan tersebut disertai dengan kode kesalahan 2147943517 dan 0x8007045D. kode kesalahan ini merupakan kesalahan error perangkat I/O, yang terjadi ketika ada masalah dengan hard disk dan flashdisk yang anda ingin salin datanya.

Jika anda menghadapi masalah tersebut maka postingan kali ini akan memberikan solusi untuk mengatasi error tersebut. Oh iya, anda juga tidak perlu mendownload software tambahan, di sini kita cukup menggunakan software bawaan windows bernama cmd (command prompt). Tapi sebelumnya anda coba dulu beberapa cara berikut ini.

1. Pertama-tama silahkan masuk safe mode terlebih dahulu. Setelah itu tancapkan flashdisk seperti biasanya, jika terdeteksi dan tidak ada masalah maka kemungkinan ini terjadi akibat beberapa aplikasi pihak ketiga. Hapus saja aplikasi pihak ketiga yang menurut anda menjadi sumber penyebab masalah ini.

2. Selanjutnya, jika cara di atas tidak berhasil silahkan coba menonaktifkan software antivirus untuk sementara waktu dan anda coba tancapkan flashdsik kembali. Jika normal berarti antivirus yang terinstall di komputer anda adalah penyebabnya.

3. Yang terakhir, anda dapat memeriksa dan memperbaiki hardisk dan flashdisk anda yang error.
Cara Mengatasi Flashdisk I/O Device Error di Windows
  • Langkah pertama silahkan anda buka Command Prompt.
  •  Selanjutnya masukan perintah Chkdsk /R D: (Pada langkah ini anda perhatikan D: jika flashdisk anda di label drive G: maka anda ganti D: dengan label drive tersebut begitu seterusnya ya.)
  • Jika anda ditanya "Apakah ingin Dismount the volume maka tekan saja tombol N yang berarti tidak / NO.
  • Selanjutnya anda akan ditanya kembali  apakah ingin chkdsk untuk dijalankan ketika sistem restart berikutnya. Tekan saja tombol Y pada keyboard yang berarti Ya / Yes.
  • Restart komputer anda dan biarkan Chkdsk berjalan. Sekarang anda tinggal menunggu sampai selesai, dan anda akan dibawa ke desktop komputer. 
Itulah beberapa Cara Mengatasi Flashdisk I/O Device Error di Windows 10/8/7 yang dapat saya ulas pada kesempatan kali ini. Selain flashdisk cara di atas dapat anda gunakan untuk mengatasi hardisk yang I/O Device Error. Silahkan anda coba dan semoga berhasil.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 3 Cara Mengatasi Flashdisk I/O Device Error di Windows